Kamis, 10 November 2011

konsep dasar struktur pasar dalam ekonomi

dalam ekonomi , struktur pasar (juga dikenal sebagai jumlah perusahaan yang memproduksi produk yang identik).
  • Monopoli persaingan , juga disebut pasar yang kompetitif, dimana terdapat sejumlah besar perusahaan, masing-masing memiliki sebagian kecil dari pangsa pasar dan produk sedikit dibedakan.
  • Oligopoli , di mana pasar didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan yang bersama-sama mengontrol sebagian besar pangsa pasar.
  • Duopoli , kasus khusus dari oligopoli dengan dua perusahaan.
  • Oligopsony , sebuah pasar dimana banyak penjual dapat hadir tetapi bertemu hanya beberapa pembeli.
  • Monopoli , di mana hanya ada satu penyedia produk atau jasa.
  • Alam monopoli , monopoli di mana skala ekonomi menyebabkan efisiensi untuk meningkatkan terus menerus dengan ukuran perusahaan. Sebuah perusahaan monopoli alami jika ia mampu melayani seluruh permintaan pasar dengan biaya lebih rendah daripada kombinasi dari dua atau lebih kecil, lebih banyak perusahaan khusus.
  • Monopsoni , ketika hanya ada satu pembeli di pasar.
  • Persaingan sempurna adalah struktur pasar teoritis bahwa fitur contestability terbatas (atau tidak ada hambatan untuk masuk ), jumlah yang tidak terbatas produsen dan konsumen, dan elastis sempurna kurva permintaan .
Struktur persaingan tak sempurna ini cukup identik dengan kondisi pasar yang realistis di mana beberapa kompetitor monopoli , monopoli , oligopoli , dan duopoli ada dan mendominasi kondisi pasar. Unsur-unsur Struktur Pasar meliputi jumlah dan distribusi ukuran perusahaan, kondisi masuk, dan tingkat diferensiasi.
Keprihatinan ini cenderung agak abstrak untuk menentukan beberapa tapi tidak semua rincian spesifik dan konkret sistem pasar di mana pembeli dan penjual benar-benar bertemu dan berkomitmen untuk perdagangan . Kompetisi berguna karena menunjukkan permintaan pelanggan aktual dan menginduksi penjual (operator) untuk memberikan tingkat kualitas layanan dan tingkat harga yang pembeli (pelanggan) menginginkan, biasanya tergantung kebutuhan keuangan penjual untuk menutupi biaya tersebut. Dengan kata lain, persaingan dapat menyelaraskan kepentingan penjual dengan kepentingan pembeli dan penjual dapat menyebabkan untuk mengungkapkan biaya yang sebenarnya dan informasi pribadi lainnya. Dengan tidak adanya persaingan sempurna, tiga pendekatan dasar yang dapat diadopsi untuk mengatasi masalah terkait dengan kontrol kekuatan pasar dan asimetri antara pemerintah dan operator sehubungan dengan tujuan dan informasi: (a) menundukkan operator untuk tekanan kompetitif, (b) mengumpulkan informasi pada operator dan pasar, dan (c) menerapkan peraturan insentif. [1]
Referensi Cepat Struktur Pasar Dasar
Struktur Pasar Hambatan Masuk Penjual Penjual Nomor Pembeli masuk Hambatan Pembeli Nomor
Persaingan Sempurna Tidak ada Banyak Tidak ada Banyak
Persaingan monopoli Tidak ada Banyak Tidak ada Banyak
Oligopoli Ya Beberapa Tidak ada Banyak
Oligopsony Tidak ada Banyak Ya Beberapa
Monopoli Ya Satu Tidak ada Banyak
Monopsoni Tidak ada Banyak Ya Satu
Urutan yang benar dari struktur pasar dari paling sedikit kompetitif adalah persaingan sempurna, persaingan tidak sempurna, oligopoli, dan monopoli murni.
Kriteria utama yang dengannya seseorang dapat membedakan antara struktur pasar yang berbeda adalah: jumlah dan ukuran produsen dan konsumen di pasar, jenis barang dan jasa yang diperdagangkan, dan sejauh mana informasi dapat mengalir dengan bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar