- Monopoli persaingan , juga disebut pasar yang kompetitif, dimana terdapat sejumlah besar perusahaan, masing-masing memiliki sebagian kecil dari pangsa pasar dan produk sedikit dibedakan.
- Oligopoli , di mana pasar didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan yang bersama-sama mengontrol sebagian besar pangsa pasar.
- Duopoli , kasus khusus dari oligopoli dengan dua perusahaan.
- Oligopsony , sebuah pasar dimana banyak penjual dapat hadir tetapi bertemu hanya beberapa pembeli.
- Monopoli , di mana hanya ada satu penyedia produk atau jasa.
- Alam monopoli , monopoli di mana skala ekonomi menyebabkan efisiensi untuk meningkatkan terus menerus dengan ukuran perusahaan. Sebuah perusahaan monopoli alami jika ia mampu melayani seluruh permintaan pasar dengan biaya lebih rendah daripada kombinasi dari dua atau lebih kecil, lebih banyak perusahaan khusus.
- Monopsoni , ketika hanya ada satu pembeli di pasar.
- Persaingan sempurna adalah struktur pasar teoritis bahwa fitur contestability terbatas (atau tidak ada hambatan untuk masuk ), jumlah yang tidak terbatas produsen dan konsumen, dan elastis sempurna kurva permintaan .
Keprihatinan ini cenderung agak abstrak untuk menentukan beberapa tapi tidak semua rincian spesifik dan konkret sistem pasar di mana pembeli dan penjual benar-benar bertemu dan berkomitmen untuk perdagangan . Kompetisi berguna karena menunjukkan permintaan pelanggan aktual dan menginduksi penjual (operator) untuk memberikan tingkat kualitas layanan dan tingkat harga yang pembeli (pelanggan) menginginkan, biasanya tergantung kebutuhan keuangan penjual untuk menutupi biaya tersebut. Dengan kata lain, persaingan dapat menyelaraskan kepentingan penjual dengan kepentingan pembeli dan penjual dapat menyebabkan untuk mengungkapkan biaya yang sebenarnya dan informasi pribadi lainnya. Dengan tidak adanya persaingan sempurna, tiga pendekatan dasar yang dapat diadopsi untuk mengatasi masalah terkait dengan kontrol kekuatan pasar dan asimetri antara pemerintah dan operator sehubungan dengan tujuan dan informasi: (a) menundukkan operator untuk tekanan kompetitif, (b) mengumpulkan informasi pada operator dan pasar, dan (c) menerapkan peraturan insentif. [1]
Struktur Pasar | Hambatan Masuk Penjual | Penjual Nomor | Pembeli masuk Hambatan | Pembeli Nomor |
---|---|---|---|---|
Persaingan Sempurna | Tidak ada | Banyak | Tidak ada | Banyak |
Persaingan monopoli | Tidak ada | Banyak | Tidak ada | Banyak |
Oligopoli | Ya | Beberapa | Tidak ada | Banyak |
Oligopsony | Tidak ada | Banyak | Ya | Beberapa |
Monopoli | Ya | Satu | Tidak ada | Banyak |
Monopsoni | Tidak ada | Banyak | Ya | Satu |
Kriteria utama yang dengannya seseorang dapat membedakan antara struktur pasar yang berbeda adalah: jumlah dan ukuran produsen dan konsumen di pasar, jenis barang dan jasa yang diperdagangkan, dan sejauh mana informasi dapat mengalir dengan bebas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar