Kamis, 11 April 2013

PERAN PEMUDA DALAM MENGISI KEMERDEKAAN



PERAN PEMUDA DALAM MENGISI KEMERDEKAAN
                                                                                        

Upaya pemahaman sejarah perjalanan bangsa oleh generasi penerus merupakan bagian dari usaha menempatkan bangsa dalam konteks perubahan zaman yang terus berlangsung, sehingga sumber-sumber sejarah sebuah bangsa akan dapat dijadikan sebagai pemersatu dan pengikat identitas bangsa di tengah percaturan dan perkembangan hubungan negara bangsa. Ketika seorang warga negara menampilkan gambaran sejarah, maka usaha negara adalah mencoba sejauh mungkin memperkenalkan visi kesejarahan yang relatif tunggal dan memberikan gambaran tentang sebuah sejarah nasional yang dapat dipahami dari generasi ke generasi. Melalui penegasan kesejarahan nasional maka identitas bangsa akan terus terpelihara dalam kesatuan kehidupan kebangsaan.

Semakin penting suatu peristiwa akan semakin tinggi pula nilai simboliknya. Peristiwa yang memiliki nilai simbolik tinggi akan lebih mengandung makna dalam sejarah perjalanan bangsa, antara lain mengenai sejarah perjuangan bangsa dalam rangka merebut kemerdekaan.

Pepatah mengatakan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang selama tiga setengah abad hidup dalam cengkeraman Belanda di tambah lagi hidup dalam penjajahan Jepang selama tiga setengah tahun. Kemudian, kemerdekaan yang kita raih adalah bukti nyata dari sebuah pengorbanan yang sangat besar dari semua komponen bangsa.
Jadi kita sebagai pemuda bangsa dan Negara Indonesia ingin memajukan, negri ini kita harus mengisi dengan hal-hal yang bermanfaat
tidak ikut tawuran kelakuan seperti orang tak pernah berpendidikan,tapi kita harus mengisinya dengan, belajar,memajukan perekonomian bangsa, berprestasi mengharumkan nama bangsa,dan melakukan penelitian ilmiah,penemuan-penemuan baru agar negri ini lebih maju.

http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=747&Itemid=135

Tidak ada komentar:

Posting Komentar